Subscribe! Follow me! Add me Facebook! Plus me Google!

Tuesday, April 10, 2012

Clock internal pada mikrokontroler

       Mikrokontroler didesign dengan clock yang cepat hitungan perdetik (Hertz). Pada beberapa tipe board mikrokontroler sering dipasang clock eksternal atau sering disebut xtal, dengan kata lain penambahan clock xtal adalah untuk mempercepat kerja mikrokontroler. Tapi pada keadaan tertentu seperti saat kita hanya membuat program yang tidak begitu rumit atau pin xtal pada mikrokontrolernya bergabung dengan pin input output dan bisa juga pada mikrokontrolernya tidak menyediakan pin xtal, maka kita dapat menggunakan clock internal pada mikrokontrloer tersebut.

Berikut cara untuk membangunkan clock internal pada mikrokontroler.
       Biasanya setiap mikrokontroler memiliki clock internal tersendiri dan sudah terlampir pada datasheetnya. Disini yang digunakan adalah mikrokontroler jenis Atmel ATMega16.



           Lakukan konfigurasi seperti diatas. pada option Program Fuse Bit(s) jika diberi tanda centang bernilai 0 jika tidak maka bernilai 1. Pada kasus ini yang dibutuhkan adalah bagaimana kita membangunkan clock yang ada didalam mikrokontroler. clock yang disediakan sekitar 2Mhz sampai 8Mhz.
        Perubahan nilai clock yaitu tergantung CKSEL yang kita pilih, mulai dari CKSEL0, CKSEL1, CKSEL2. Untuk bit pada CKSEL yang akan menentukan berapa clock yang dibuat semuanya terlampir pada datasheet masing-masing mikrokontroler. Untuk jenis ATtiny13 biasanya yang dirubah adalah tombol CKSEL0-2, SUT0-1, dengan CKDIV.
           Setelah pemilihan bit selesai maka lakukan lah proses downloading ke mikrokontrolernya, kemudian setelah didownload lakukan proses pengecekan fuse bit agar proses yang dilakukan memang sudah benar.





Peringatan : Hati - hati jika mikrokontroler yang dipakai jenisnya tidak memiliki pin untuk xtal terus salah memilih option fuse bit, akibatnya mikrokontroler tidak dapat dipakai lagi (misal jenis ATTiny13)!

1 comment:

  1. tanya gan: aku cba sistem mikro tanpa eksternal xtall
    fusebitnya dah sesuai ma yg settingan di datasheet, tapi waktu diload tetep gak bisa, aku gunain avr codevision.
    gan gmn cara ilangi tulisan chip clock yang kita pilih diawal generit program, seblm kita load program kita.

    ReplyDelete

Please correct and comment