Subscribe! Follow me! Add me Facebook! Plus me Google!

Tuesday, April 24, 2012

Clock internal AT Tiny 13



          Pada pembahasan kali ini hampir sama seperti aritkel sebelumnya mengenai Clock internal pada mikrokontroller, tetapi ini lebih dikhususkan untuk mikrokontroller jenis AT Tiny 13.
               Jika ingin membuat sistem minimum AT Tiny 13 tanpa clock eksternal atau xtal, disarankan untuk melihat terlebih dahulu datasheetnya.  Pada setiap datasheet mikrokontroller jenis atmel selau diberikan penjelasan detail mengenai apa saja yang dibutuhkan, bahkan untuk clock internal.
                 Untuk membuat clock internal AT Tiny 13, terleih dahulu bukalah datasheetnya dan cari halaman tentang "Default Clock Source", jika kita baru mencobanya disarankan untuk mencoba defaultnya dulu walaupun default yang diberikan nilai clocknya paling rendah sekitar 1-4 Mhz.


              Dibawah ini adalah pilihan untuk CKSEL1.0 yang akan mempengaruhi nilai clock yang diberikan.


                  Dalam percobaan ini software yang dipakai adalah CodevisionAVR. Kemudian setelah masuk di CVAVR buka option tools dan pilih Chip Programmer dan muncul tampilan seperti berikut.


                  Gambar dibawah ini adalah option yang harus dipilih jika ingin membuat clock internal. gambar tersebut adalah option default untuk AT Tiny13.


                     Setelah pemilihan fuse bit selesai langkah selanjutnya adalah memberikan fuse bit tersebut ke mikrokontroller,seperti pada gambar dibawah ini.


                          Kemudian langkah terakhir adalah pengecekan apakah fuse bit tersebut sudah masuk atau belum ke  mikrokontroller, yaitu dengan cara :


                      Jika tampilan yang keluarnya seperti ini, berarti program fuse bit berhasil.


Keterangan : Apabila saat pengecekan terjadi error ada kemungkinan konfigurasi ISP Downloader harus menggunakan konfigurasi Lowsck. Jika pada ISP AVR910 seperti dalam artikel "USB AVR910 Downloader" terdapat jumper untuk membuat program lowsck.

0 komentar:

Post a Comment

Please correct and comment